![]() |
Penjelasan Syeikh Ali Jum'ah Tentang Rakaat Shalat Taraweh |
Salah
satu ibadah yang di tuntut dalam bulan Ramadhan adalah shalat taraweh yang
setiap tahunnya selalu terjadi polemik tentang shalat taraweh berkenaan dengan
jumlah rakaatnya, antara pihak yang mengatakan shalat taraweh adalah 8 rakaat
dengan pihak yang mengatakan bahwa shalat taraweh adalah 20 rakaat.
Pada tulisan sebelumnya kami telah memaparkan dalil tentang jumlah rakaat taraweh. Kali ini kami
akan mengutip fatwa Syeikh Ali Jumah (mantan mufti Mesir dan merupakan seorang ulama besar zaman ini, lahir tahun 1952) tentang jumlah rakaat shalat teraweh dari kitab beliau al-Bayan li ma Yasyghulu al-azhan jilid 1 tepatnya pada pertanyaan ke 62 pada halaman 186 – 190. Kami mengutip setiap paragraf dengan di iringi terjemahannya. File kitab tersebut bisa di download disini dalam format pdf. Untuk jilid duanya bisa di download disini
Berikut penjelasan Syeikh Ali Jumah beserta terjemahannya:
Pada tulisan sebelumnya kami telah memaparkan dalil tentang jumlah rakaat taraweh. Kali ini kami
akan mengutip fatwa Syeikh Ali Jumah (mantan mufti Mesir dan merupakan seorang ulama besar zaman ini, lahir tahun 1952) tentang jumlah rakaat shalat teraweh dari kitab beliau al-Bayan li ma Yasyghulu al-azhan jilid 1 tepatnya pada pertanyaan ke 62 pada halaman 186 – 190. Kami mengutip setiap paragraf dengan di iringi terjemahannya. File kitab tersebut bisa di download disini dalam format pdf. Untuk jilid duanya bisa di download disini
Berikut penjelasan Syeikh Ali Jumah beserta terjemahannya:
ุณ 62 ูุฎุชูู ุงููุงุณ ูู ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู ุงูู
ุจุงุฑู ุจุดุฃู ู
ุณุฃูุฉ
ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงูุญ ูู
ุง ูู ุงูุญูู
ุงูุตุญูุญ ูู ุนุฏุฏ ุฑูุนุงุชูุง ؟
soal ke 62:
Manusia berselisih paham dalam bulan Ramadhan yang penuh barakah tentang shalat taraweh, berapa sebenarnya pendapat yang shahih tentang jumlah rakaatnya?
ูุนูุด ุงููุฒุงุน ุงูุณููู ูู ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู ุงูู
ุจุงุฑู ุจูู
ุงูู
ุชุดุฏุฏูู ุงูุฐูู ูุฑูุฏูู ุญู
ู ุงููุงุณ ุนูู ู
ุฐูุจูู
ูุงูุนูุงู
ุงูุฐูู ูุง ูุฌุฏูุง ู
ู ูููุฐูู
ู
ู
ูุคูุงุก . ูุณุจุจ ูุฐุง ุงูุฎูุงู ู
ุณุฃูุฉ ุนุฏุฏ ุฑูุนุงุช ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ูุงุตุญุงุจ ุงูุตูุช ุงูุนุงูู
ูุฎุทุฆูู ุงูุฃุฆู
ุฉ ูุงูุงู
ุฉ ุจุฃุณุฑูุง ุนูู ู
ุฏู ุงููุฑูู ุงูู
ุงุถูุฉ ููููุฑูู ุนูููู
ุงูู
ุง ุงููุงุฑ
ููุชูู
ูููู
ุจุงูุฅุจุชุฏุงุน ููุญุฑู
ูู ู
ุง ุฃุญู ุงููู ุฅุฐ ูุงููุง ูุง ูุฌูุฒ ุงูุฒูุงุฏุฉ ุนู ุซู
ุงู ุฑูุนุงุช
ูู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ
jawab:
Kita menghidupkan perdebatan tahunan dalam bulan Ramadhan antara golongan garis keras yang berencana menarik manusia ke dalam mazhab mereka dan masyarakat awam yang tidak menemukan penolong dari (kesesatan) mereka. Sebab perbedaan ini adalah masalah jumlah rakaat shalat taraweh. Golongan yang bersuara tinggi (radikal) menyalahkan para ulama (ulama empat mazhab) dan sekalian umat sepanjang masa yang telah lalu. Mereka mengingkari para ulama dengan pengingkaran yang kuat dan menuduh mereka sebagai ahli bid’ah, mereka telah mengharamkan apa yang Allah halalkan ketika mereka berkata "tidak boleh shalat lebih dari delapan rakaat pada shalat teraweh".
ูุงูุชุฑุงููุญ ูู ุงููุบุฉ ุฌู
ุน ุงูุชุฑููุญุฉ ูููู ุงุจู ู
ูุธูุฑ
ุงูุชุฑููุญุฉ ูู ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู ุณู
ูุช ุจุฐูู ูุงุณุชุฑุงุญุฉ ุงูููู
ุจุนุฏ ูู ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ููู ุงูุญุฏูุซ
ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ูุฃููู
ูุงููุง ูุณุชุฑูุญูู ุจูู ูู ุชุณููู
ุชูู ูุงูุชุฑุงููุญ ุฌู
ุน ุชุฑููุญุฉ ููู
ุงูู
ุฑุฉ ุงููุงุญุฏุฉ ู
ู ุงูุฑุงุญุฉ ุชูุนููุฉ ู
ููุง ู
ุซู ุชุณููู
ุฉ ู
ู ุงูุณูุงู
Taraweh pada loghat adalah jamak dari tarwihah . Ibnu Manzur berkata "Tarwihah dalam bulan Ramdhan, di namakan dengan demikian (taraweh) karena para jamaah beristirahat setelah setiap empat rakaat. Dalam hadits : shalat taraweh, karena mereka beristirahat di antara setiap dua salam, kata taraweh adalah jamak tarwihah. Tarwihah merupakan satu kali istirahat, wazan taf’ilah dari kalimat raahah, sama dengan taslimah dari kata salaam".
ูุจู
ุฌุฑุฏ ุงูุชุนุฑูู ุงููุบูู ูุชุจูู ุฃู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุฃูุซุฑ
ู
ู ุซู
ุงู ุฑูุนุงุช ูุฃู ุงูุชุฑููุญุฉ ุงููุงุญุฏุฉ ุจุนุฏ ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช ููู ูุงูุช ุชุฑููุญุชูู ููุฒู
ุฃู
ูููู ุนุฏุฏ ุงูุฑูุนุงุช ุฅุซูู ุนุดุฑ ุฑูุนุฉ ูุงูุญู ุฃู ุงูุฃู
ุฉ ุฃุฌู
ุนุช ุนูู ุฃู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุนุดุฑูู
ุฑูุนุฉ ู
ู ุบูุฑ ูุชุฑ ูุซูุงุซ ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุจุงููุชุฑ ููู ู
ุนุชู
ุฏ ุงูู
ุฐูุจ ุงูููููุฉ ุงูุฃุฑุจุนุฉ
ุงูุญูููุฉ ูุงูู
ุงูููุฉ ูู ุงูู
ุดููุฑ ูุงูุดุงูุนูุฉ ูุงูุญูุงุจูุฉ . ูููุงู ููู ููู ุนู ุงูู
ุงูููุฉ
ุฎูุงู ุงูู
ุดููุฑ ุงููุง ุณุช ูุซูุงุซูู ุฑูุนุฉ ููู
ุชุนุฑู ุงูุฃู
ุฉ ุงูููู ุจุฃู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุซู
ุงู
ุฑูุนุงุช ุฅูุง ูู ูุฐุง ุงูุฒู
ุงู. ูุณุจุจ ูููุนูู
ูู ุชูู ุงูู
ุฎุงููุฉ ุงููู
ุงูุฎุธุฃ ููุณูุฉ ุงููุจููุฉ
ูุนุฏ ูุฏุฑุชูู
ุนูู ุงูุฌู
ุน ุจูู ุงูุฃุญุงุฏูุซ ูุนุฏ ุฅูุชูุงุช ุฅูู ุงูุฅุฌู
ุงุน ุงููููู ูุงููุนูู ู
ู ูุฏู
ุงูุตุญุงุจุฉ ุฅูู ููู
ูุง ูุฐุง ูุงุณุชุดูุฏูุง ุจุญุฏูุซ ุนุงุฆุดุฉ ุฑุถู ุงููู ุนููุง ุญูุซ ูุงู ู
ุง ูุงู ุฑุณูู
ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ู ุณูู
ูุฒูุฏ ูู ุฑู
ุถุงู ููุง ูู ุบูุฑู ุนูู ุฅุญุฏู ุนุดุฑุฉ ุฑูุนุฉ ูุตูู
ุฃุฑุจุนุง ููุง ุชุณู ุนู ุญุณููู ูุทููููู ุซู
ูุตูู ุฃุฑุจุนุง ููุง ุชุณุฃู ุนู ุญุณููู ูุทูููู ุซู
ูุตูู
ุซูุงุซุง ููุงูุช ุนุงุฆุดุฉ ูููุช ูุง ุฑุณูู ุงููู ุฃุชูุงู
ูุจู ุฃู ุชูุชุฑ ؟ ููุงู ูุง ุนุงุฆุดุฉ ุฅู ุนููู
ุชูุงู
ุงู ููุง ููุงู
ููุจู
Dengan semata-mata defenisi secara harfiyah nyatalah bahwa shalat taraweh jumlah rakaatnya melebihi delapan rakaat, karena sekali istirahat adalah setelah empat rakaat, maka jikalau shalat taraweh itu dua kali istirahat maka maka lazimlah bahwa jumlah rakaat shalat taraweh adalah dua belas rakaat, sedangkan yang haq bahwa para umat (ulama) telah sepakat (ijmak) bahwa shalat teraweh adalah dua puluh rakaat tanpa witir dan dua puluh tiga dengan witir. Ini merupakan pegangan empat Mazhab Fiqih; Mazhab Hanafi, Mazhab Maliky, Mazhab Syafii dan Mazhab Hanbali. Selain itu ada pendapat yang di naqal dari ulama Mazhab Maliky berebeda dengan yang masyhur bahwa jumlah rakaat taraweh adalah tiga puluh enam rakaat. Umat Islam tidak mengenal pendapat bahwa shalat teraweh delapan rakaat kecuali pada zaman ini. Penyebab mereka bisa terjatuh dalam perbedaan tersebut adalah karena kesalahan dalam memahami sunah Nabi, dan tidak mampu mengkompromikan hadits-hadits dan tidak melihat kepada ijmak qauly, ijmak fi’ly semenjak masa para shahabat hingga hari ini. sehingga mereka mengambil dalil dari hadits Siti Aisyah : “Tidaklah Rasulullah SAW melebihkan shalat dalam bulan Ramadhan dan selainnya dari sebelas rakaat, beliau shalat empat rakaat, maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat empat rakaat maka jangan kamu tanyakan kebagusan dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga rakaat. Siti Aisyah berkata “Ya Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum melakukan shalat witir, beliau menjawab, Ya Aisyah, sesungguhnya mata saya tidur namun hati saya tidak tidur:
ูุฐุง ุงูุญุฏูุซ ูุญูู ุนู ูุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู
ูุงููุฉ ููุงู
ุงูููู ุนู
ูู
ุง ููู
ูุชุนุฑุถ ุฅูู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุฅุฐ ูู ููุงู
ู
ุฎุตูุต ุจุดูุฑ ุฑู
ุถุงู
ููู ุณูุฉ ูุจููุฉ ูู ุฃุตููุง ุนู
ุฑูุฉ ูู ููููุชูุง ุจู
ุนูู ุฃู ุงูุฃู
ุฉ ุตุงุฑุช ุนูู ู
ุง ุณูู ุณูุฏูุง
ุนู
ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ู
ู ุชุฌู
ูุน ุงููุงุณ ุนูู ุงูููุงู
ูู ุฑู
ุถุงู ูู ุฌู
ูุน ุงูููุงูู ูุนูู ุนุฏุฏ
ุงูุฑูุนุงุช ุงูุชู ุฌู
ุน ุงููุงุณ ุนูููุง ุนูู ุงุจู ุจู ูุนุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงููุจู ูููู ุนูููู
ุจุณูู
ูุณูุฉ ุงูุฎูุงุก ุงูุฑุงุดุฏูู ุงูู
ูุฏูู ุนุถูุง ุนูููุง ุจุงูููุงุฌุฐ
Hadits ini menceritakan petunjuk Nabi SAW tentang shalat malam secara umum, dan beliau tidak menunjuki kepada shalat taraweh, karena shalat taraweh adalah shalat malam yang khusus di bulan Ramadhan, shalat taraweh adalah sunnnah Nabawiyah pada landasan dasarnya yang landasan kaifiyatnya adalah hadits Saidina Umar, maksudnya; umat berpendapat sebagaimana sunnah Saidina Umar ra berupa menghimpunkan manusia dalam mendirikan Ramadhan di malam hari dan dengan jumlah rakaat yang beliau perintahkan ketika menghimpunkan manusia dengan (imam Shalat) Ubai bin Ka’ab, sedangkan Nabi bersabda "peganglah sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang terpetunjuk, gigitlah sunnah mereka dengan geraham".
ุฅู ูู
ููู ู
ุณุชูุฏ ุงูุฃู
ุฉ ูุนู ุณูุฏูุง ุนู
ุฑ ุฑุตู ุงููู ุนูู
ููู
ุชุคุฏู ุงูุชุฑุงููุญ ูู ุฌู
ุงุนุฉ ูู ุงูู
ุณุฌุฏ ุนูู ุฅู
ุงู
ูุงุญุฏ ููุฃู ูุคูุงุก ูุฃุฎุฐูู ู
ู ุณูุฉ
ุณูุฏูุง ุนู
ุฑ ุฌู
ุน ุงููุงุณ ุนูู ุฅู
ุงู
ุทูุงู ุงูุดูุฑ ููู ู
ุง ูู
ููุนูู ุงููุจู ููุชุฑููู ุนุฏุฏ ุฑูุนุงุช
ููุฒุนู
ูู ุฃููู
ูุทุจููู ุณูุฉ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุงู ูุงู ูุฐุง ุตุญูุญุง ูุฃูุชู
ูุง ุชูุชูุชูู
ููุนู ุณูุฏูุง ุนู
ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุฌุจ ุนูููู
ุฃุช ุชุตููุง ุงูุชุฑุงููุญ ูู ุงูุจูุช ูุชุชุฑููุง ุงููุงุณ
ูุทุจููู ุฏูู ุงููู ูู
ุง ูุฑุซูุงู ููุง ุญูู ููุง ููุฉ ุฅูุง ุจุงููู ุงูุนูู ุงูุนุธูู
Jika bukan sandaran umat adalah perbuatan Saidina Umar maka kenapa shalat taraweh di kerjakan secara berjamaah dengan satu imam. Mereka (kaum pengingkar jumlah shalat taraweh 20 rakaat) mengambil sunnah Saidina Umar yang mengumpulkan manusia dalam satu Imam sepanjang bulan, padahal hal ini tidak pernah di kerjakan oleh Nabi SAW, dan mereka meninggalkan jumlah rakaat (yang di kerjakan Saidina Umar) dan mereka mendakwakan diri mereka yang sesuai dengan sunnah Nabi SAW, maka jika ini benar, dan kamu tidak mau melihat kepada perbuatan Saidina Umar maka wajiblah atas kamu untuk shalat taraweh di dalam rumah dan meninggalkan manusia yang sesuai dengan agama Allah sebagaimana mereka warisi. La haula wala quwwata illa billah al-'adhiim.
ูุงูุงุฏูุฉ ุนูู ุฃู ุฐูู ูุนู ุนู
ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ู
ุง ุฑูุงู ุนุจุฏ
ุงูุฑุญู
ู ุจู ุนุจุฏ ุงููุงุฑู ุฃูู ูุงู ุฎุฑุฌุช ู
ุน ุนู
ุฑ ุจู ุฎุทุงุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูููุฉ ูู ุฑู
ุถุงู ุฅูู
ุงูู
ุณุฌุฏ ูุฅุฐุง ุงููุงุณ ุฃูุฒุงุน ู
ุชูุฑููู ูุตูู ุงูุฑุฌู ูููุณู ููุตูู ุงูุฑุฌู ููุตูู ุจุตูุงุชู ุงูุฑูุท
ููุงู ุนู
ุฑ ุฅูู ุฃุฑู ูู ุฌู
ุนุช ูุคูุงุก ุนูู ูุงุฑุฆ ูุงุญุฏ ููุงู ุฃู
ุซู ุซู
ุนุฒู
ูุฌู
ุนูู
ุนูู ุฃุจู ุจู
ูุนุจ ูุงู ุซู
ุฎุฑุฌุช ู
ุนู ูููุฉ ً ุฃุฎุฑู ูุงููุงุณ ูุตููู ุจุตูุงุฉ ูุงุฑุฆูู
ููุงู ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ
ูุนู
ุช ุงูุจุฏุนุฉ ูุฐู ูุงูุชู ุชูุงู
ูู ุนููุง ุฃูุถู ู
ู ุงูุชู ุชููู
ูู ูุฑูุฏ ุขุฎุฑ ุงูููู ููุงู ุงููุงุณ
ูููู
ูู ุฃููู
Dalil bahwa hal tersebut adalah perbuatan Saidina Umar adalah hadits yang di riwayatkan oleh Abdur Rahman bin Abdul Qary, beliau berkata "saya keluar bersama Umar bin Khatab pada satu malam dalam bulan Ramadhan ke mesjid, ketika itu manusia berada dalam beberapa kelompok yang terpisah-pisah, seseorang shalat untuk dirinya sendiri, dan seseorang (yang lain juga) shalat, kemudian shalat dengan shalatnya satu kelompok (mengikutinya sebagai imam). Maka Saidina Umar berkata "saya berpendapat jikalau mereka di satukan dalam saru qari (imam) sungguh akan lebih baik". Kemudian beliau bersungguh-sungguh dan menghimpunkan mereka atas (imam) Ubay bin Ka’ab, kemudian saya keluar pada malam yang lain, sedangkan manusia shalat dengan satu qari (imam) mereka. Saidina Umar berkata "sebaik-baik bid’ah adalah ini, shalat yang mereka tidur darinya lebih baik dari (shalat) yang mereka dirikan", maksud beliau adalah (shalat yang di kerjakan) pada akhir malam, sedangkan manusia mengerjakannya pada awal malam".
ูุฃู ุชูู ุงูุตูุงุฉ ุงูุชู ุฌู
ุน ุนู
ุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ุงููุงุณ
ุนูููุง ูู ุงูุชุฑุงููุญ ููู ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุฏู ุนูู ุฐูู ุนุฏุฉ ุฃุญุงุฏูุซ ู
ููุง ู
ุง ุฑูุงู ุงูุณุงุฆุจ ุจู
ูุฒูุฏ ุฑุถู ุงููู ุนูู ุญูุซ ูุงู ูุงููุง ูููู
ูู ุนูู ุนูุฏ ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูู
ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู ุจุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ - ูุงู -
ููุงููุง ููุฑุกูู ุจุงูู
ุฆูู ، ููุงููุง ูุชููุฆูู ุนูู ุนุตููู
ูู ุนูุฏ ุนุซู
ุงู ุจู ุนูุงู ุฑุถู ุงููู
ุนูู ู
ู ุดุฏุฉ ุงูููุงู
Dan sesungguhnya shalat yang oleh Saidina Umar satukan manusia atas seorang Imam adalah shalat tarawih yaitu dua puluh rakaat, sebagaimana di tunjuki oleh beberapa hadits, antara lain; hadits riwayat Saib bin Yazid beliau berkata “mereka mendirikan shalat pada masa Saidina Umar dalam bulan Ramadhan dengan dua puluh rakaat. Beliau berkata “mereka membaca dua ratus (ayat) dan bertekan kepada tongkat mereka pada masa Saidina Usman karena beratnya berdiri (karena panjang bacaannya
ูุนู ูุฒูุฏ ุจู ุฑูู
ุงู ูุงู ูุงู ุงููุงุณ ูููู
ูู ูู ุฒู
ุงู ุนู
ุฑ
ุจู ุงูุฎุทุงุจ ูู ุฑู
ุถุงู ุจุซูุงุซ ูุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ
Diriwayatkan dari Yazid bin Ruman beliau berkata “adalah manusia mendirikan shalat pada masa Saidina Umar bin Khatab pada bulan Ramadhan dengan dua puluh tiga rakaat.
ูุงุชููุช ุงูู
ุฐุงูุจ ุงูููููุฉ ุงูุงุฑุจุนุฉ ุนูู ุฐูู ูุฐูุจ ุงูุญูููุฉ
ุฅูู ุฐูู ูุงู ุงูุณุฑุฎุณู ุนู ุงูุชุฑุงููุญ ุงููุง ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุณูู ุงููุชุฑุนูุฏูุง ููุงู ู
ุงูู ุฑุญู
ู
ุงููู ุชุนุงูู ุงูุณูุฉ ูููุง ุณุชุฉ ูุซูุงุซูู . ูุฐูุฑ ุงููุณุงูู ู
ุง ูุคูุฏ ุฐูู ุญูุซ ูุงู ูุฃู
ุง ูุฏุฑูุง
ูุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ูู ุนุดุฑ ุชุณููู
ุงุช، ูู ุฎู
ุณ ุชุฑููุญุงุช ูู ุชุณููู
ุชูู ุชุฑููุญุฉ ููุฐุง ููู ุนุงู
ุฉ
ุงูุนูู
ุงุก
Mazhab yang empat sepakat atas demikian (dua puluh rakaat). Mazhab Hanafi berpendapat demikian. Imam Sarkhasy berkata tentang shalat taraweh, shalat taraweh adalah dua puluh rakaat selain witir dalam mazhab kita (Mazhab Hanafi), Imam Malik berkata yang sunnah dalam bulan Ramadhan adalah tiga puluh enam rakaat, al-Kasa`i (ulama Mazhab Hanafi) menyebutkan hal yang menguatkan hal demikian. Beliau berkata adapun kadar (rakaat)nya adalah dua puluh rakaat dengan sepuluh kali salam dalam lima kali istirahat. setiap dua kali salam satu kali istirahat, ini adalah pendapat umum ulama”.
ููุนุถุฏ ุถูู ู
ุง ูููู ุงูุนูุงู
ุฉ ุงุจู ุนุงุจุฏูู ูู ุญุงุดูุชู ุญูุซ
ูุงู ูููู ( ููู ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ) ูู ููู ุงูุฌู
ููุฑ ูุนููู ุนู
ู ุงููุงุณ ุดุฑูุง ูุบุฑุจุง
Hal tersebut di kuatkan dengan kutipan Imam Ibnu Abidin dalam kita Hasyiah beliau, beliau berkata “shalat taraweh adalah dua puluh rakaat, ini adalah pendapat mayoritas ulama, dan yang di amalkan manusia (umat Islam) di Timur dan Barat.
ูุฃู
ุง ุงูู
ุงูููุฉ ูุงูู
ุดููุฑ ู
ู ู
ุฐูุจูู
ู
ุง ููุงูู ุงูุฌู
ููุฑ
ูุงู ุงูุนูุงู
ุฉ ุงูุฏุฑุฏูุฑ ( ูุงูุชุฑุงููุญ
) ุจุฑู
ุถุงู ( ููู ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ) ุจุนุฏ ุตูุงุฉ ุงูุนุดุงุก ูุณูู
ู
ู ูู ุฑูุนุชูู ุบูุฑ ุงูุดูุน ูุงููุชุฑ
( ู ) ูุฏุจ ( ุงูุฎุชู
ูููุง ) ุฃู ุงูุชุฑุงููุญ ، ุจุฃู ููุฑุฃ ูู ูููุฉ ุฌุฒุกุง ููุฑูู ุนูู ุงูุนุดุฑูู
ุฑูุนุฉ
Adapun Mazhab Maliki, yang masyhur dalam mazhab mereka adalah sesuai dengan pendapat mayoritas ulama. Imam ad-Dardiry berkata “Shalat taraweh di bulan Ramadhan adalah dua puluh rakaat setelah shalat Isya, memberi salam dari setiap dua rakaat selain yang ganjil dan witir. dan di sunahkan menkhatamkan al-quran dalam shalat taraweh, dengan cara membaca al-quran setiap malam satu juz yang di bagi dalam dua puluh rakaat.
ูุฐูุฑ ุงูุนูุงู
ุฉ ุงูููุฑุงูู ููุฉ ู
ุฐูุจ ุงูุฌู
ููุฑ ูู
ูุงููุฉ
ุฃุชุจุงุน ู
ุงูู ูู ูุงูููู ุงูุขุฎุฑ ูู
ุงูู ููุงู (ููุงู ุงูุณูู ุงูุตุงูุญ) ููู
ุงูุตุญุงุจุฉ ุฑุถู ุงููู
ุชุนุงูู ุนููู
(ูููู
ูู ููู) ูู ุฒู
ู ุฎูุงูุฉ ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุจุฃู
ุฑู ูู
ุง ุชูุฏู
(ูู ุงูู
ุณุงุฌุฏ ุจุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ) ููู ุงุฎุชูุงุฑ ุฃุจู ุญูููุฉ ูุงูุดุงูุนู ูุฃุญู
ุฏ، ูุงูุนู
ู ุนููู ุงูุขู
ูู ุณุงุฆุฑ ุงูุฃู
ุตุงุฑ. (ุซู
) ุจุนุฏ ุตูุงุฉ ุงูุนุดุฑูู (ููุชุฑูู ุจุซูุงุซ) ู
ู ุจุงุจ ุชุบููุจ ุงูุฃุดุฑู ูุง ุฃู
ุงูุซูุงุซ ูุชุฑ؛ ูุฃู ุงููุชุฑ ุฑูุนุฉ ูุงุญุฏุฉ ูู
ุง ู
ุฑ، ููุฏู ุนูู ุฐูู ูููู: (ูููุตููู ุจูู ุงูุดูุน ูุงููุชุฑ ุจุณูุงู
) ุงุณุชุญุจุงุจุง ูููุฑู
ุงููุตู ุฅูุง ูุงูุชุฏุงุก ุจูุงุตู، ููุงู ุฃุจู ุญูููุฉ: ูุง ููุตู ุจูููู
ุง، ูุฎูุฑ ุงูุดุงูุนู ุจูู ุงููุตู
ูุงููุตู، ูุงุณุชู
ุฑ ุนู
ู ุงููุงุณ ุนูู ุงูุซูุงุซุฉ ูุงูุนุดุฑูู ุดุฑูุง ูุบุฑุจุง. (ุซู
) ุจุนุฏ ููุนุฉ ุงูุญุฑุฉ
ุจุงูู
ุฏููุฉ (ุตููุง) ุฃู
ุงูุณูู ุบูุฑ ุงูุฐูู ุชูุฏู
ูุง؛ ูุฃู ุงูู
ุฑุงุฏ ุจูู
ููุง ู
ู ูุงู ูู ุฒู
ู ุนู
ุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ (ุจุนุฏ
ุฐูู) ุงูุนุฏุฏ ุงูุฐู ูุงู ูู ุฒู
ู ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ (ุณุชุง ูุซูุงุซูู ุฑูุนุฉ ุบูุฑ ุงูุดูุน ูุงููุชุฑ)
... – ุฅูู ุฃู ูุงู - ููุฐุง
ุงุฎุชุงุฑู ู
ุงูู ูู ุงูู
ุฏููุฉ ูุงุณุชุญุณูู ูุนููู ุนู
ู ุฃูู ุงูู
ุฏููุฉ، ูุฑุฌุญ ุจุนุถ ุฃุชุจุงุนู ุงูุฃูู
ุงูุฐู ุฌู
ุน ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ุงููุงุณ ุนูููุง ูุงุณุชู
ุฑุงุฑ ุงูุนู
ู ูู ุฌู
ูุน ุงูุฃู
ุตุงุฑ ุนููู
Al-Allamah an-Nafrawi menyebutkan kuatnya pendapatnya mayoritas ulama dan pengikut Mazhab Malik menyetujuinya, demikian juga pendapat akhir dari Imam Malik. Beliau berkata : dan adalah ulama salaf yang shaleh yaitu para shahabat mendirikan shalat dalam bulan Ramadhan pada zaman Khalifah Umar bin Khatab dan dengan perintah beliau dalam mesjid dengan dua puluh rakaat, ini adalah yang di pilih oleh Abu Hanifah, Imam Syafii dan Imam Ahmad, inilah yang di amalkan pada masa sekarang di seluruh Negri. Kemudian setelah dua puluh rakaat, mereka melakukan witir dengan tiga rakaat. (penamaan shalat tersebut dengan witir) adalah secara taghlib kepada yang lebih mulia (ganjil lebih mulia daripada genap), bukan karena tiga itu ganjil, karena yang ganjil adalah satu rakaat sebagaimana (penjelasan) yang telah lalu. Hal ini juga di tunjuki oleh perkataan beliau ; dan mereka memisahkan antara shalat genap dan ganjil dengan salam yang sunat, dan di makruhkan menyambungnya kecuali karena mengikuti imam yang juga mengambungnya (antara dua rakaat witir dan satu rakaat). Abu Hanifah berkata “tidak boleh di pisahkan di antara keduanya”. Imam Syafii memberikan pilihan antara memisahkan dan menyambungnya. Amalan kaum muslimin terus menerus dengan 23 rakaat baik di timur dan di barat. Kemudian setelah peperangan harrah di Madinah, para ulama salaf yang lain – karena yang di maksudkan dengan mereka disini adalah para ulama yang ada pada masa Khalifah Umar bin Abdul Aziz – setelah jumlah bilangan yang ada pada masa Saidina Umar (20 rakaat) shalat dengan 36 rakaat selain genap dan ganjil (shalat witir 3 rakaat) – hingga akhir perkataan beliau – ini adalah pendapat yang di pilih oleh Imam Malik dalam kitab al-Mudawwanah, dan beliau menganggapnya baik dan ini adalah yang di amalkan oleh ahli Madinah. Sebagian pengikut Imam Malik lebih menguatkan yang pertama (20 rakaat) sebagaimana Saidina Umar menyatukan manusia atasnya karena berkekalan amalan (umat Islam) atasnya pada sekalian kota.
ูุฃู
ุง ุงูุดุงูุนูุฉ ููุตุฑุญูู ุจุฃู ุงูุชุฑุงููุญ ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุฐูุฑ
ุงูุงู
ุงู
ุงูููุงูู ุฐูู ููุงู : ู
ุฐูุจูุง
ุฃููุง ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุจุนุดุฑ ุชุณููู
ุงุช ุบูุฑ ุงููุชุฑ ูุฐูู ุฎู
ุณ ุชุฑููุญุงุช ูุงูุชุฑููุญุฉ ุฃุฑุจุน ุฑูุนุงุช
ุจุชุณููู
ุชูู ูุฐุง ู
ุฐูุจูุง ูุจู ูุงู ุฃุจู ุญูููุฉ ูุฃุตุญุงุจู ูุฃุญู
ุฏ ูุฏุงูุฏ ูุบูุฑูู
ููููู ุงููุงุถู
ุนูุงุถ ุนู ุฌู
ููุฑ ุงูุนูู
ุงุก ูุญูู ุฃู ุงูุงุณูุฏ ุจู ู
ุฒูุฏ ูุงู ูููู
ุจุฃุฑุจุนูู ุฑูุนุฉ ูููุชุฑ ุจุณุจุน
ููุงู ู
ุงูู ุงูุชุฑุงููุญ ุชุณุน ุชุฑููุญุงุช ููู ุณุชุฉ ูุซูุงุซูู ุฑูุนุฉ ุบูุฑ ุงููุชุฑ ูุงุญุชุฌ ุจุฃู ุฃูู
ุงูู
ุฏููุฉ ููุนููููุง ููุฐุง
Adapun ulama Mazhab Syafii, mereka menyebutkan secara jelas bahwa shalat taraweh adalah 20 rakaat, Imam Nawawi menyebutkan hal demikian. beliau berkata “menurut mazhab kita shalat taraweh adalah 20 rakaat dengan sepuluh kali salam selain witir, demikian adalah lima kali istirahat, satu kali istirahat adalah empat rakaat dengan dua kali salam. Ini adalah mazhab kita dan juga pendapat Abu Hanifah dan pengikut beliau, Imam Ahmad, Daud ad-Dhahiry, dan imam ainnya. Dan juga di kutip oleh Qadhi Iyadh dari mayoritas ulama. Di hikayahkan bahwa al-Aswad bin Mazid mendirikan shalat 40 rakaat dan melakukan witir dengan tujuh rakaat. Imam Malik berkata, shalat taraweh itu adalah tujuh kali istirahat yaitu tiga puluh enam rakaat selain witir, beliau berhujjah bahwa ahli Madinah melakukannya demikian”.
ููุฌู
ุน ุงูุดุงูุนูุฉ ุจูู ู
ุฐูุจ ุงูู
ุงูููุฉ ูู
ุฐูุจ ุงูุฌู
ููุฑ ุญูุซ
ุนูููุง ุฒูุงุฏุฉ ุงูุฑูุนุงุช ุนูุฏ ุงูุงู
ุงู
ู
ุงูู ุจุฃู ุฐูู ูุชุนููุถ ุงูุทูุงู ูู ุงูู
ุณุฌุฏ ุงูุญุฑุงู
.
ูุงู ุงุจู ุญุฌุฑ : ููู ุนูุฏูุง ูุบูุฑ ุฃูู ุงูู
ุฏููุฉ ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ูู
ุง ุฃุทุจููุง ุนูููุง ูู ุฒู
ู ุนู
ุฑ
- ุฑุถู ุงููู ุนูู - ูู
ุง ุงูุชุถู ูุธุฑู ุงูุณุฏูุฏ ุฌู
ุน ุงููุงุณ ุนูู ุฅู
ุงู
ูุงุญุฏ ููุงูููู ููุงููุง
ููุชุฑูู ุนูุจูุง ุจุซูุงุซ، ูุณุฑ ุงูุนุดุฑูู ุฃู ุงูุฑูุงุชุจ ุงูู
ุคูุฏุฉ ุบูุฑ ุฑู
ุถุงู ุนุดุฑ ูุถูุนูุช ููู؛
ูุฃูู ููุช ุฌุฏ ูุชุดู
ูุฑ، ูููู
ููุท ูุดุฑููู
ุจุฌูุงุฑู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ุณุช ูุซูุงุซูู ุฌุจุฑุง ููู
ุจุฒูุงุฏุฉ ุณุชุฉ ุนุดุฑ ูู ู
ูุงุจูุฉ ุทูุงู
ุฃูู ู
ูุฉ ุฃุฑุจุนุฉ ุฃุณุจุงุน ุจูู ูู ุชุฑููุญุฉ ู
ู ุงูุนุดุฑูู ุณุจุน
Para ulama Mazhab Syafii menyatukan pendapat Mazhab Maliki dan Mazhab mayoritas ulama ketika mereka (ulama Mazhab Syafii) memberikan alasan penambahan rakaat (hingga 36 rakaat) menurut Imam Malik, hal tersebut merupakan sebagai ganti dari thawaf yang di lakukan di Masjid Haram. Ibnu Hajar al-Haitami berkata “shalat taraweh menurut kita (mazhab Syafii) selain ahli Madinah adalah 20 rakaat sebagaimana telah di sepakati pada masa Saidina Umar, karena sesuai dengan pandangan beliau yang tepat yang menyatukan manusia atas satu imam shalat kemudian mereka (shahabat yang lain) menyetujuinya. mereka melakukan shalat witir setelah taraweh dengan tiga rakaat. Rahasia shalat taraweh 20 rakaat adalah shalat rawatib muakkad dalam bulan lain adalah 10 rakaat maka dalam bulan Ramdhan di gandakan (menjadi 20 rakaat) karena Ramdhan adalah waktu bersunguh-sungguh (dalam beribadah). Dan hanya bagi mereka (penduduk Madinah) – karena kemulian mereka dengan sebab berhampiran dengan Rasulullah SAW – boleh menambahkan 16 rakaat (jumlah semuanya 36) sebagai ganti thawaf penduduk kota Makkah empat kali di antara setiap istirahat dari 20 rakaat sebanyak 7 kali.
ููุคูุฏ ุฐูู ู
ุง ุฐูุฑู ุงูุนูุงู
ุฉ ุดู
ุณ ุงูุฏูู ู
ุญู
ุฏ ุงูุฑู
ูู ุญูุซ
ูุงู : ููู ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ุจุนุดุฑ ุชุณููู
ุงุช ูู ูู ูููุฉ ู
ู ุฑู
ุถุงู، ูู
ุง ุฑูู ุฃููู
ูุงููุง
ูููู
ูู ุนูู ุนูุฏ ุนู
ุฑ ุจู ุงูุฎุทุงุจ ูู ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู ุจุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ. ููู ุฑูุงูุฉ ูู
ุงูู ูู
ุงูู
ูุทุฃ ุจุซูุงุซ ูุนุดุฑูู. ูุฌู
ุน
ุงูุจูููู ุจูููู
ุง ุจุฃููู
ูุงููุง ููุชุฑูู ุจุซูุงุซ، ููุฏ ุฌู
ุน ุงููุงุณ ุนูู ููุงู
ุดูุฑ ุฑู
ุถุงู
ุงูุฑุฌุงู ุนูู ุฃุจู ุจู ูุนุจ، ูุงููุณุงุก ุนูู ุณููู
ุงู ุจู ุฃุจู ุญุซู
ุฉ، ููุฏ ุงููุทุน ุงููุงุณ ุนู ูุนููุง
ุฌู
ุงุนุฉ ูู ุงูู
ุณุฌุฏ ุฅูู ุฐูู، ูุณู
ูุช ูู ุฃุฑุจุน ู
ููุง ุชุฑููุญุฉ؛ ูุฃููู
ูุงููุง ูุชุฑูุญูู ุนูุจูุง:
ุฃู ูุณุชุฑูุญูู
hal tersebut juga di kuatkan oleh penjelasan Imam Syamsuddin Muhammad Ramli, beliau berkata “shalat taraweh adalah 20 rakaat dengan 10 kali salam pada tiap malam dalam bulan Ramadhan, karena berdasarkan hadits yang di riwayatkan bahwa kaum muslimin mendirikan shalat pada masa Saidina Umar bin Khatab dengan 20 rakaat. Dalam riwayat Imam Malik dalam kitab al-Muwatha` dengan 23 rakaat, Imam Baihaqy menyatukan keduanya bahwa mereka melakukan witir dengan tiga rakaat. Saidina Umar bin Khatab menyatukan manusia dalam mendirikan bulan Ramadhan, kaum laki-laki di imami oleh Ubai bin Ka’ab sedangkan wanita dengan imam Sulaiman bin Abin Hatsnah. Dan padahal sunguh terputuslah manusia dalam melakukan shalat taraweh secara berjamaah hingga masa itu. Dan di namakan setiap empat rakaat dengan satu tarwihah karena mereka beristirahat setelahnya.
ุงู
ุง ุงูุญูุงุจูุฉ ููุฏ ุตุฑุญูุง ุจุฃู ุงูู
ุฎุชุงุฑ ุนูุฏ ุงูุงู
ุงู
ุฃุญู
ุฏ
ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ููุงู ุงูุนูุงู
ุฉ ุงุจู ูุฏุงู
ุฉ ุงูู
ูุฏุณู : ูุงูู
ุฎุชุงุฑ ุนูุฏ ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ุฑุญู
ู ุงููู
ูููุง ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ูุจูุฐุง ูุงู ุงูุซูุฑู ู ุฃุจู ุญูููุฉ ู ุงูุดุงูุนู ููุงู ู
ุงูู : ุณุชุฉ ูุซูุงุซูู
ูุฒุนู
ุฃูู ุงูุฃู
ุฑ ุงููุฏูู
ูุชุนูู ุจูุนู ุฃูู ุงูู
ุฏููุฉ ูุฅู ุตุงูุญุง ู
ููู ุงูุชูุฃู
ุฉ ูุงู : ุฃุฏุฑูุช
ุงููุงุณ ูููู
ูู ุจุฅุญุฏู ูุฃุฑุจุนูู ุฑูุนุฉ ููุชุฑูู ู
ููุง ุจุฎู
ุณ
Adapun ulama Mazhab Hanbali, mereka menerangkan bahwa yang di pilih di sisi Imam Ahmad adalah dua puluh rakaat, Imam Ibnu Qudamah al-Maqdisy berkata "yang di pilih di sisi Abu Abdillah (Imam Ahmad) adalah dua puluh rakaat, ini juga pendapat Imam Sufyan Tsaury, Imam Abu Hanifah dan Imam Syafii. Imam Malik mengatakan 36 rakaat. Ada yang mendakwakan bahwa hal tersebut adalah pendapat beliau yang qadim (terdahulu) dan berdasarkan amalan ahli Madinah. Karena Salih maula at-Tau-amah berkata, saya dapati manusia mendirikan shalat 41 rakaat dan witir darinya sebanyak 5 rakaat".
ููููู ูุฐูู ุงูุนูุงู
ุฉ ุงูุจููุชู ู
ุนุชู
ุฏ ุงูู
ุฐูุจ ุงูุญูุจูู
ููููู ุนู ุงูุชุฑุงููุญ : ุณู
ูุช ุจุฐูู ูุฃููู
ูุงููุง ูุฌูุณูู ุจูู ูู ุฃุฑุจุน ูุณุชุฑูุญูู ูููู
ู
ุดุชูุฉ ู
ู ุงูู
ุฑุงูุญุฉ ููู ุงูุชูุฑุงุฑ ูู ุงููุนู ููู ( ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ูู ุฑู
ุถุงู ) ูู
ุง ุฑูู ู
ุงูู
ุนู ูุฒูุฏ ุจู ุฑูู
ุงู ูุงู ูุงู ุงููุงุณ ูููู
ูู ูู ุฒู
ู ุนู
ุฑ ูู ุฑู
ุถุงู ุจุซูุงุซ ูุนุดุฑูู
Hal serupa juga di kutip oleh Imam al-Bahuty yang menjadi pegangan ulama Mazhab Hanbaly, beliau berkata tentang shalat taraweh, di namakan shalat taraweh dengan demikian karena mereka duduk melakukan istirahat di antara setiap empat rakaat. Ada yang mengatakan bahwa (kata tarawih) di musytaq dari kata murawahah yang artinya berulang-ulang dalam berbuat. shalat taraweh adalah 20 rakaat berdasarkan hadits yang di riwayatkan oleh Imam Malik dari Yazid bin Rauman beliau berkata, adalah manusia mendirikan shalat pada masa Saidina Umar dengan 23 rakaat.
ุญุชู ุงุจู ุชูู
ูุฉ ุงูุฐู ูุนุชู
ุฏ ุนููู ูุซูุฑ ู
ู ุงูู
ุชุดุฏุฏูู
ูุคูุฏ ู
ุง ุฐูุจ ุฅููู ุงูุฃุฆู
ุฉ ูููุฑ ุจุฃูู ุงูุณูุฉ ุนูุฏ ูุซูุฑ ู
ู ุงูุนูู
ุงุก ููุงู : ุดุจู ุฐูู ู
ู
ุจุนุถ ุงููุฌูู ุชูุงุฒุน ุงูุนูู
ุงุก ูู ู
ูุฏุงุฑ ุงูููุงู
ูู ุฑู
ุถุงู، ูุฅูู ูุฏ ุซุจุช ุฃู ุฃุจู ุจู ูุนุจ
ูุงู ูููู
ุจุงููุงุณ ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ูู ููุงู
ุฑู
ุถุงู، ูููุชุฑ ุจุซูุงุซ. ูุฑุฃู ูุซูุฑ ู
ู ุงูุนูู
ุงุก ุฃู
ุฐูู ูู ุงูุณูุฉ ؛ ูุฃูู ุฃูุงู
ู ุจูู ุงูู
ูุงุฌุฑูู ูุงูุฃูุตุงุฑ، ููู
ูููุฑู ู
ููุฑ. ูุงุณุชุญุจ ุขุฎุฑูู:
ุชุณุนุฉ ูุซูุงุซูู ุฑูุนุฉ ؛ ุจูู ุนูู ุฃูู ุนู
ู ุฃูู ุงูู
ุฏููุฉ ุงููุฏูู
. ููุงู ุทุงุฆูุฉ: ูุฏ ุซุจุช ูู
ุงูุตุญูุญ ุนู ุนุงุฆุดุฉ {ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูู
ููู ูุฒูุฏ ูู ุฑู
ุถุงู ููุง ุบูุฑู ุนูู
ุซูุงุซ ุนุดุฑุฉ ุฑูุนุฉ}. ูุงุถุทุฑุจ ููู
ูู ูุฐุง ุงูุฃุตู، ูู
ุง ุธููู ู
ู ู
ุนุงุฑุถุฉ ุงูุญุฏูุซ ุงูุตุญูุญ ูู
ุง
ุซุจุช ู
ู ุณูุฉ ุงูุฎููุงุก ุงูุฑุงุดุฏูู، ูุนู
ู ุงูู
ุณูู
ูู. ูุงูุตูุงุจ ุฃู ุฐูู ุฌู
ูุนู ุญุณู
Bahkan, Ibnu Taimiyah sendiri yang merupakan pegangan mayoritas kaum radikal menguatkan pendapat para aimmah dan beliau mengakui bahwa hal tersebut adalah sunnah menurut kebanyakan ulama. Beliau berkata “serupa demikian dari beberapa segi oleh perdebat sebagian ulama tentang kadar (rakaat) mendirikan malam ramadhan, karena sungguh tetaplah bahwa Ubay bin Ka’ab berdiri dengan manusia dengan 20 rakaat dalam mendirikan malam Ramadhan dan melakukan witir 3 rakaat. Maka mayoritas ulama berpendapat bahwa hal yang demikianlah yang sunnah. Karena shalat tersebut didirikan di antara kaum muhajin dan Anshar dan tidak ada shahabat yang mengingkarinya. pendapat yang lain mengatakan sunat 39 rakaat berdasarkan amalan ahli Madinah yang qadim. Beliau berkata “sungguh telah tetaplah dalam hadits yang shahih dari Siti Aisyah bahwa Nabi tidak melebihkan shalat dalam bulan Ramadhan dan lainnya dari 23 rakaat”. berbeda-bedalah pendapat ulama tentang dalil ini, karena mereka menyangka adanya kontradiksi antara hadits shahih dengan hal yang tetap dengan sunnah khulaur rasyidin dan amalan kaum muslimin. Yang benar adalah semua adalah hasan.
ูู
ู
ุง ุณุจู ูุฑู ุฃู ู
ุง ุนููู ุงูุฃุฆู
ุฉ ูุงูุนูู
ุงุก ูุงูู
ุฐุงูุจ
ุงูููููุฉ ุนูู ู
ุฑ ุงูุนุตูุฑ ุณููุง ูุฎููุง ุดุฑูุง ูุบุฑุจุง ุฃู ุตูุงุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุนุดุฑูู ุฑูุนุฉ ููู ุณูุฉ
ู
ุคูุฏุฉ ูููุณุช ูุงุฌุจุฉ ูู
ู ุชุฑููุง ุญุฑู
ุฃุฌุฑุง ุนุธูู
ุง ูู
ู ุฒุงุฏ ุนูููุง ููุง ุญุฑุฌ ุนููู ูู
ู ููุต
ุนููุง ูุง ุญุฑุฌ ุนููู ุฅูุง ุฃู ุฐูู ูุนุฏ ููุงู
ููู ูููุณ ุณูุฉ ุงูุชุฑุงููุญ ุงูู
ุฐููุฑุฉ . ูุงุงูู
ุชุนุงูู ุฃุนูู ูุฃุนูู
Dari penjelasan terdahulu, bisa kita lihat bahwa pendapat yang akui oleh para aimmah dan ulama dan mazhab fiqh dari semenjak lalu sepanjang masa baik ulama salaf, khalaf, baik di timur dan barat bahwa shalat taraweh adalah 20 rakaat dan sunat muakkad bukan wajib. Maka barang siapa meninggalkannya maka ia terlarang baginya pahala yang besar, dan barang siapa menambahkannya tiada dosa atasnya dan barang siapa yang menguranginya juga tiada dosa baginya tetapi shalatnya tersebut di namakan qiyam lail dan bukan sunah taraweh yang telah di sebutkan. Wallahu A’lam bish shawab.
Maka dari uraian di atas dapat di pahami bahwa para ulama ijmak bahwa shalat taraweh adalah 20 rakaat, sedangkan 8 rakaat bukanlah shalat taraweh, pendapat bahwa shalat taraweh adalah 8 rakaat adalah pendapat yang muncul di akhir zaman dan tidak di kenal pada zaman para mujtahid ya
EmoticonEmoticon