Sabtu, 30 September 2017

SKRIPSI PENYALURAN ZAKAT UNTUK KALANGAN PELAJARPESANTREN DI DESA PULO LHOK KECAMATAN ULIM (ANALISIS FIQH SYAFI’IYYAH) BAB II BAB III

loading short url



BAB III
METODE PENELITIAN

A.      Jenis Penelitian
            Metode penelitian yang diterpakan dalam skripsi ini adalah metode pendekatan deskritif kualitatif, karena dalam penelitian ini berusaha mendiskripsikan, menjelaskan, memahami tentang yang masalah dikaji. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang pada dasarnya merupakan upaya untuk mengemukakan teori dalam hal ini dilakukan secara baik dengan pendekatan kualitatif. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis, selanjutnya didapatkan teori-teori sebagai hasil penelitian kualitatif.[1]
            Sebagai jenis penelitian yang dipakai adalah kajian kepustakaan (Library Reseach), yakni penelitian yang berusaha mengekplorasikan bahan, baik itu dari Al-Qur’an, Tafsir, kitab-kitab, dan buku-buku agama sebagai data utama yang ada relevasinya dengan masalah dikaji dan kajian lapangan (Field Reseach), yakni mengumpulkan data penelitian tentang Penyaluran Zakat Kepada Pelajar Di Desa Pulo Lhok Kecamatan Ulim.
B.       Lokasi Penelitian
Penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini di pusatkan di Desa Pulo Lhok Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya. Pemilihan di Desa Pulo Lhok Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya tersebut sangat dititik besarkan karena sangat serupa dengan variabel yang akan penulis teliti nantinya.[2]
C.      Sumber data
Sumber data primer, yaitu sumber data yang langsung berkaitan dengan objek riset. Dalam penelitian ini sebagai sumber primernya adalah hasil wawancara yang dilakukan dengan perangkat-perangkat Desa Pulo Lhok antaranya Junaidi bin Abdul Latif Basyah yang menjabat sebagai kepala desa tersebut, Ilyas selaku sekdes dan masyarakat lainnya yang menjadikan sebagai bahan rujukan dalam penulisan skripsi ini dan kitab-kitab dalam mazhab syafi’i yaitu :
1.      Al-Majmu’ karangan Imam an Nawawi
2.      Fath Al-barri karangan Ibnu Hajar Al- Asqalani
3.      Tuhfah Al-Muhtaj fii Syarh Al-Minhaj karangan Ibnu hajar Al-haitami
4.      Al-Mughni karanga Ibnu Qudamah.
5.      Mughni Al-Muhtaj karangan khatib As-Syarbaini.
Dan buku-buku yang penulis ambil dalam penulisan ini dalam Mazhab Syafi’i yaitu :
1.      Pedoman Zakat karangan Tengku M. Hasbi As-Siddieqiy.
2.      Anatomi Fiqh Zakat karangan Dr. H. Amiruddin Inoed.
3.      Pengantar hukum Zakat & wakaf  karangan Sari, Elsi Kartika.
4.      Zakat dan infaq karangan M. Ali Hasan.
5.      Fikih zakat karangan Abdul Hamid.
Sedangkan sumber data sekunder, yaitu sumber data yang mendukung dan melengkapi data-data primer. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku karya ilmiah lain yang isinya dapat melengkapi data yang diperlukan penulis dalam penulisan ini antara lain Fiqh Menurut Mazhab Syafi’i karangan Mustafa Diibu Bigha dan lain-lain.
D.  Teknik pengumpulan data
Untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan objektif penulis mengunakan tehnik pengumpulan data sebagai berikut :
a.       Observasi
Observasi yaitu : langsung terhadap objek penelitian, dalam observasi ini penulis melihat secara langsung  kondisi pembagian zakat dalam masyarakat desa Pulo Lhok kecamatan Ulim tersebut.
b.      Wawancara (Interview)
Wawancara yaitu : mengajukan beberapa pertanyaan kepada informan yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini yaitu seperti kepala desa dan beberapa tokoh msyarakat desa Pulo Lhok yang dilakukan secara bertatap muka dan mereka dianggap tepat untuk memberikan keterangan dan informasi sebagai bahan skripsi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyaluran kepada pelajar.

E.  Teknik Analisa Data
Dalam suatu penelitian perlu dicantumkan dengan cukup terinci teknik-teknik analisa data yang akan digunakan. Teknik-teknik mana yang akan digunakan sangat berhubungan erat dengan permasalahan, hubungan antara variabel serta jenis data yang diperoleh. Data yang diperoleh dari studi penelitian selanjutnya diolah sesuai dengan sifat data tersebutyaitu data kualitatif dan data yang bersifat kuantitatif, adapun teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan karena dayta yang dikumpulkan bersifat kualitatif (Pemikiran), yaitu pendapat para ulama-ulama.
F.   Jadwal Penelitian
Penelitian dilaksanakan secara keseluruhan penulis lalukan di desa Pulo Lhok kecamatan Ulim, yang dimulai sejak juli tahun 2015 sampai bulan juni tahun 2016, untuk lebih jelasnya jadwal penelitian dapat dilihat pada tabel berikut:
No
Tahap Kegiatan
Waktu
Keterangan
1
Pengajuan judul skripsi
15 juli 2015

2
Persiapan proposal skripsi
20 juli 2015

3
Seminar proposal
5 januari 2016

4
Penyempurnaan
2 Oktober s/dJanuari2017

G.      Teknik penulisan skripsi ini
Teknik penulisan skripsi ini penulis berpedoman pada buku “Panduan penulisan karya ilmiah” yang diterbitkan oleh institut agama islam al-aziziyah samalanga kabupaten bireun tahun 2015.



[2] Hasil wawancara dengan Junaidi Bin Alatif Basyah selaku kepala Desa Pulo Lhok.


EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.
Powered By Blogger

ci stot ileee ( penelusuran )

Arsip Blog