Sabtu, 30 September 2017

SKRIPSI PENYALURAN ZAKAT UNTUK KALANGAN PELAJARPESANTREN DI DESA PULO LHOK KECAMATAN ULIM (ANALISIS FIQH SYAFI’IYYAH) BAB V PENUTUP

loading short url



BAB V
PENUTUP

Bab inimerupakanbabpenutupdaripembahasanskripsiini. Dalambabinipenulismengambilbeberapakesimpulansebagaiintisaridaripembahsantersebut. Kemudiansebagaibahanmasukanakandikemukakan pula beberapa saran yang adahubungannyadenganpenelitianini.
A.    Kesimpulan
  1. MakadariuraiandiatasataspendapatulamaSyafi’iyyahbahwapelajarpesantrenataupenuntutilmu agama bolehmenerima zakat bila di katagorikankepadapelajarygmiskinatau fakir, makadariitumenurutmazhabSyafi’ipenuntutilmutidakberhakmenerima zakat atasnamapelajartetapibolehmenerima zakat atasnama fakir ataumiskindanberwasafdengan yang lain seperti orang ygberhutangataupunamil zakat. Pelajarpesantrentidakbisamemasukkankedalamgolongandelapanpenerima zakat, walaupunsebagaisabiilillahsebab yang dimaksuddengansabilillahadalah orang-orang yang perangdengancuma-cuma demi agama Allah, namundemikianterdapatpendapatmerekajugatermasuksabiilillah. Karnalelakipejuang yang berperangdengancuma-cuma demi agama Allah, makaiadiberimeskipunia kaya rayasebagaibantuanuntukbiayaperangnya.“Sabiilillah” Ialahlelakipejuang yang berperangdengancuma-cuma demi agama Allah meskipunia kaya raya,begitujugadenganibnusabil.
  2. Penyaluran zakatkepadapelajarpesantrenatasnamapelajarpesantren yang terjadi di desaPuloLhokadalahkekeliruanmasyarakatdidesatersebutdalammenyalurkan zakat karnadalammasyarakattersebutdisampingfanatikterhadapkalangansantrimasyarakatdesatersebutjugaminimnyailmupengetahuanagama,danmalasnyabertanyakedapaahli agama. DilihatdariPandanganSyafi’iyyahmemangbenarbahwaatasapa yang dilakukanolehmasyarakatdesaPulolhokkarnamasyarakatdesaPulolhok 100% bermazhabSyafi,iakantetapihanyasajakesalahpahamanmasyarakatdalammenyalurkan zakat seperti yangpenulisalamisendirisebagaipenerima zakat atasnamapelajarpesantren (santri).




































EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.
Powered By Blogger

ci stot ileee ( penelusuran )

Arsip Blog